Pembangunan stadion bola diseriusi

Foto: Tim Liputan Prokompim Blora

Bupati Blora Arief Rohman tengah berbincang serius dengan Surono, Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora terkait pembangunan stadion sepakbola di Blora,

Rabu, 03 April 2024 17:00 WIB

BLORA (wartablora.com)—Pemerintah Kabupaten Blora serius mengupayakan agar pembangunan stadion bola pengganti Kridosono bisa dilakukan. Usai berkoordinasi dengan Kementerian PUPR, Bupati Blora Arief Rohman kini berkoordinasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga. Di kementerian ini, Pemkab Blora membawa proposal agar kementerian tersebut bisa mengeluarkan rekomendasi agar di Kabupaten Blora dapat dibangun stadion bola. Rekomendasi diperlukan sebagai mekanisme keluarnya anggaran dari APBN untuk membangun stadion bola. Sebab jika mengandalkan biaya pembangunan stadion bola dari APBD jelas tidak memungkinkan.

"Kami sudah koordinasi dengan Dirjen Cipta Karya, insyaAllah Kementerian PUPR akan mengupayakan membantu namun butuh surat rekomendasi pembangunan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga yang dikeluarkan oleh Menpora. Sehingga kami memohon lewat Pak Surono bisa mengawal pembuatan surat rekomendasi Pak Menpora," ujar Bupati Arief Rohman, Rabu, 3 April 2024.

Proposal diterima Surono, Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora. Arief berharap dengan proposal ini Kemenpora bisa dengan segera memberikan surat rekomendasi dukungan pembangunan stadion untuk Kabupaten Blora yang ditujukan ke Kementerian PUPR.

Dikemukakan, Kabupaten Blora tengah menggali potensi besar dalam dunia sepakbola. Hanya, karena keterbatasan anggaran menjadi kendala utama dalam mengembangkan fasilitas olahraga.

''Kami sangat berharap dua Kementerian ( Kemenpora dan Kementerian PUPR) dapat membantu Pemkab Blora. Anggaran Pemkab sangat terbatas, sedangkan potensi sepakbola kita luar biasa. Sehingga untuk membangun fasilitas stadion yang standar untuk pelatihan butuh dukungan dari Kementerian,'' ujarnya.

Dikatakan, dukungan dari kedua kementerian tersebut sangat dibutuhkan mengingat anggaran yang terbatas dari Pemkab Blora tidak sebanding dengan potensi besar yang dimiliki dalam bidang sepakbola.

"Dibutuhkan fasilitas stadion yang memadai untuk pelatihan guna mengasah bakat-bakat lokal yang potensial," ucapnya.

Oleh sebab itu, lanjutnya, dukungan dari pemerintah pusat diharapkan akan menjadi tonggak penting dalam mengangkat potensi sepakbola lokal dan membawa Kabupaten Blora ke tingkat yang lebih tinggi dalam dunia olahraga.

''Kami berharap kelak stadion ini akan menjadi tempat lahirnya para pemain sepakbola profesional seperti Pratama Arhan yang juga merupakan putra daerah Blora,'' katanya.

Surono sendiri menjanjikan akan segera menindaklanjuti proposal yang diberikan oleh Bupati Blora tersebut.

"Nanti akan dibuatkan surat rekomendasi dari mas Menteri (Menpora), akan kami kawal. Sehingga harapannya bisa mengeluarkan surat rekomendasi pembangunan Stadion kepada Kementerian PUPR. Pembangunan stadion diusulkan oleh Kementerian PUPR," ucapnya.

Peliput: Tim Liputan Prokompim Blora
Penyunting: Tim Editor wartablora.com